Monday, June 20, 2005

It’s All ‘Bout Meh!



=+=+=+=+=+=+
Aku dah cerita belom yah, kalo pas LPJ ke Dago Pakar kemaren dulu itu, aku sama teman-teman maen juga ke Gua Jepang? Itu lho, gua yang dulu di bangun Jepang (*make tenaga Romusha pribumi tentunya!) buat benteng persembunyian dan penyediaan amunisi. Katanya sih, dulu dijadiin tempat penyiksaan para ekstrimis pejuang yang ketangkap! Whuiiih... syerem puol deh! Hehe, dasar aku penakut yeh...

Yup,
Sempat kesel banget pas kita-kita yang perempuan dirubung Mamang dan Akang yang biasa nyewain senter.. Hyi.. jadi inget suasana terminal! Ngarubung + maksa, kaya’ calo nyari mangsa! Mana mahal pulak! Hikz.. Eits.. nggak semua juga sih! =)

Untungnya, (*Alhamdulillah gitu loh!), kita-kita dapet pinjeman senter dari para ikhwan. Berdua dengan Heti, aku ada di barisan paling belakang. Ada juga anak pengojek senter yang ikutan masuk tanpa diminta. Berani banget anak itu! Heran!! (*Hikz.. aku yang dah kul ini kalaah..) Padahal senternya sendiri dimatiin, tapi bisa dengan gamblang menerangkan sejarah dan arah-arah dalam gua itu. Hm, aku suka nggak enak ati nih, kalo inget waktu itu.. aku megang tangan Heti erat-erat! Hehe, kan dah aku bilang, dasar aku penakut yeh...

Gua yang gelap sempurna, tanpa penerangan sama sekali, membisikkan nuansa seram. Hanya senter yang berkelebatan, menayangkan bayang-bayang Teh Achio dan Teh Icha yang sepintas kelihatan , sekejap kemudian hanya ada kegelapan.. jadi inget cerita-cerita hantu di tivi! Huicks.. aku berusaha sekenanya mengenyahkan ingatan ituh! Susah juga! Peganganku makin erat saja.. Kasihan Heti, pasti terbebani sekali dengan gerakanku yang lamban. Ngga’menikmati banget lah. Mana lantai tanahnya nggak rata, kaki jadi sering tersaruk gundukan dan lubang. Kami yang di belakang mengekor saja ke mana kaki para ikhwan pembuka jalan itu (*uops, harusnya kalo dah ikhwan kan ga bole pake ’para’lagi.. kan dah bentuk jama’..) Sementara Sang Anak Pengojek Senter terus mengocehkan jalan-jalan yang harus kami lalui.. menunjukkan jalan mana yang buntu... mana lubang udara.. tahun segini gua itu di bangun .. dan semuanya dan semuanya.. sambil ga putus asa menawarkan senternya! Wah.. wah! Kegigihan yang tak kenal patah! Aku suka itu! Diam-diam aku kagum juga dengan ’kenekatan’dan ’profesionalisme’anak itu. Pas ditanya, yang di bagian atap gua itu apa, dia menjelaskan, sebenarnya dulunya gua ini dikasih penerangan lampu listrik. Tapi, karena kelembaban gua yang tergolong tinggi, mudah terjadi korsleting. Akhirnya dibiarkan tanpa penerangan. Yah, lumayanlah, bisa jadi jalan rezeki buat para pengojek senter, biasanya sih sewanya sekitar tiga rebu per senter. Pas ditanya, apa dia masih sekolah, anak itu bilang udah nggak lagi. Dia berenti sekolah hanya sampai kelas enam SD. Ah, satu lagi potret putra bangsa yang...

Entah kenapa, aku jadi teringat soal alam kubur. Dunia yang harus dan pasti akan kita lalui setelah kematian. Semua terbentang begitu saja. Dan aku makin takut saja. Yah. Takut oleh bayang-bayang yang pasti datang! Kematian. Hal yang mungkin sangat jarang aku pikirkan. Mungkin kamu pun begitu. Jarang mengharapkannya.. padahal dia makin dekat saja! Aku bayangkan, kalo ini alam kuburku, nggak akan ada tangan Heti.. nggak akan ada suara-suara itu.. suara teman-temanku yang lain.. nggak ada candaan T’Achio.. nggak... Arrgghh.. Tak terpikir bagaimana aku harus melalui masa itu kelak! Yah, memang itu tak kan sanggup kita pikirkan sekarang.. karena maut, alam akhir, dan pembalasan adalah rahasia 4JJ1... O.. Alloh... seorang diri menghadapMu kelak... Bagaimana aku?!?!?
Yah, akhirnya ada juga pintu-pintu paralel yang menghubungkan gua pendek itu dengan dunia luar. Tak terlalu berguna memang. Setidaknya aku tahu ada jalan keluar dari gua pengap ini. Dan itu membuatku merasa lebih baik. Tentunya, lebih baik dalam arti aku ngga’perlu digotong dari sana.. (*whehehe.. canda dink!) kalo syelem sih masih.. orang kalo Heti melakukan gerakan kecil yang tak terduga aja, sudah cukup membuatku sport jantung! Sampai-sampai, pas dia tiba-tiba melongok ke pintu di belakangku, aku kaget banget! Rasanya disebalik dinding yang kelam itu, ada yang menunggu kedatangan kami.. Hyii... Jadi kebayang petualangan Lima Sekawannya Enyd Blyton! Hm, mereka gagah sekali, hehehe...

Tak sabar, begitu nampak cahaya terang sinar matahari dari luar, pengen langsung lari aja.. rasanya merdeka sekali dari kungkungan gelap itu.. Bernafas lega... Akhirnya menikmati atmosfir yang normal! Nah, bingung nyari tempat duduk buat rapat OC sekarang. Hm, herannya sang Anak Pengojek senter masih ngikutin juga yah? Dan teka-teki pun terkuak saat dia bilang, ”kalo buat guide mah, seikhlasnya aja teh..”. Seolah baru pertamakalinya dengar pernyataan kayak gitu, kami hanya saling pandang dan menggumam,”Ha..?” dan.. anak itu pun mengulang persis sama, ”kalo buat guide mah, seikhlasnya aja...” . Seperti sama-sama paham, gumaman pun terdengar,”Oooo....”.

+++++++
Gua Jepang bukan satu-satunya tempat tujuan wisata di Taman Hutan Raya Djuanda ini. Masih ada gua Belanda yang (*bagiku dan sementara orang) jauh lebih menarik. Selain tempatnya lebih luas dan terang, terowongannya juga lebih panjang. Di depannya ada area yang cukup luas buat nggelar sekedar permainan futsal. Kalo mau jalan ke atas sedikit, juga ada monyet-monyet. Sayangnya, kami ngga’nyempetin ke sana. Udah pernah sih sebelumnya. Kayaknya jalan-jalan di trek yang teduh plus ngeliat kolam gedhe (*ga cukup besar kalo disebut danau..) yang airnya coklat itu nampak lebih menarik. Kalo nggak salah, kata orang, dari sini kita juga bisa jalan ke Maribaya. Jauh sih, cocok buat olah raga rekreasi. Kapan-kapan nyoba ah...

***********


= = =
Aku korbankan cucian yang dah aku rendam dari hari kemaren buwat nulis inih!

No comments: