Wednesday, July 02, 2008

HfB: Mengeja Kehidupan

==oleh-oleh dari maen dengan Aki==

Nggak sengaja 'nemu' Hawking for Beginner, buku semi komik yang membahas teori Kosmologi secara ringan tapi tetap mengena. (*memang harus cari sumber lain sih kalo mau tau perhitungan atau detailnya..*) tapi untuk truli-nyubi seperti saya, buku ini sangat membantu.

*** ujlug ujlug ujlug ***
baca sendiri, mungkin kapan-kapan kalo ada niat saya lanjutkan..
intinya mah mulai dari perkembangan teori geosentris, ke heliosentris, hingga relativitas Einstein, yang terus disempurnakan sampai ke dualisme partikel-gelombang di generasi Schrodinger menuju Hawking..
Intinya, semua berupaya mengungkap kesejatian kehidupan: dari mana berasal, menuju ke mana?
Ahh,, Anda lebih tau kayaknya ;p
*** tettot ***

Membaca buku ini, mengingatkan saya akan banyak hal..
Hawking yang digerogoti ALS namun tetap tangguh (*yeah, the only one thing he needs is: HIS BRAIN!) berupaya mengungkap semesta, dengan mengakumulasikan pengetahuan dari generasi pendahulunya. Bahkan, perhitungan mental yang dia lakukan tak terkalahkan oleh ilmuwan normal lain yang memakai sheet dan tangan.. Hmm, seperti halnya Mozart yang tidak bisa mendengar suara tapi mampu menghasilkan nada-nada yang indah...

Saya sangat tertarik dengan konsep Hawking mengenai ruang-waktu. Waktu yang terdiri dari waktu real (berawal dari Big Bang) akan berakhir saat gravitasi alam ini runtuh, sedangkan waktu imajiner sendiri telah ada sebelum Big Bang dan akan terus ada bahkan setelah alam ini runtuh. Wow.. Hawking memberi ilustrasi sebuah mangkok terbuka, waktu real adalah sisi mangkok, dimana akan berakhir di satu titik (hm, dunia kita .. :D) sedangkan waktu imajiner adalah keliling mangkok yang tidak mengenal akhir, selalu berulang (*hm, saya tafsirkan sebagai alam akhirat?*)

well, tugas saintis hanya satu: meragukan dan mencari jawabnya, karena sampai kapanpun yang manusia tahu hanyalah setetes air bila dibandingkan dengan lautan ilmuNYA. Meskipun demikian, dengan setitis itu, kita bisa memperkirakan dan menghitung property lautan..
Begitu bukan?

2 comments:

unira said...

iis..aku lagi pusing nih
banyak kerjaan..jgn di tambah pusing dg tulisan mu ini
berat..berat..
kasih stori yang ringan2 napa???
huhuhu
ku tunggu cerita garing mu
ntar aku komen deh

KeCeBoNg said...

cup cup cup, unira...
sini sini aku kilik-kilik
pasti ketawa lagee ;p