Monday, October 19, 2009

Re~sensi: Perjalanan Bulan ini

The Traveler's Tale

Aditya Mulya, dkk.

Kisahnya membetot semua perhatian; diukir dengan latar menawan dan keunikan tokoh-tokohnya. Diksi dan anekdotnya segar. Sudah bisa ditebak, tapi tetap membuat penasaran. Ringan, energik, namun dangkal. Begitulah, racikan yang lezat namun tidak membuatmu lebih gemuk. Adakah penokohan yang saya suka di sini? tidak. Nice book, though.


The Journal of A Muslim Traveler

Heru Susetyo

Membaca buku ini, adalah membaca buku sejarah. Ditingkahi banyak kesalahan dan minimnya deskripsi keindahan yang biasanya dijanjikan oleh sebuah buku perjalanan, buku ini tetap bisa dibaca saat kita merindukan kabar saudara-saudara kita di negeri lain. Dan yang lebih utama: mengingatkan diri kita kembali; apa tujuan perjalanan kita. Salut untuk Heru Susetyo yang konsisten dengan pemaknaan perjalanannya. Perjalanan yang bukan sekedar untuk ada atau mengadakan perjalanan. Tapi perjalanan untuk yang transenden dan penyelaman hakikat manusia: dengan bicara dan berkaca pada manusia-manusia lain, berusaha memahami siapa, mengapa, dan bagaimana. Tak akan lengkap pemahaman saya mengenai traveling, sampai saya membaca pengantar buku ini yang menghantarkan saya pada sebuah simpulan: saya pun adalah seorang pejalan.

Keliling Eropa dengan 2000 dollar

lupa eh lupa.. pokoknya ada lah.. ntar disusulin

The Witch of Portobello

Paulo Coelho

Sebuah perjalanan, pencarian spiritualitas. Dan endingnya adalah kejutan.

Bagi saya yang lebih menyukai suspense, misteri, sci-fi, atau sejarah, buku yang ‘mendalam’ ini pada beberapa bagian membuat saya lelah: saya harus membaca buku ini, karena saya harus dan saya bilang begitu! (*mengenai buku Coelho Sang Alkemis, dulu saat orang berbondong-bondong baca, saya langsung menyerah tanpa membuka-buka, seolah tak ada chemistry sama sekali.. entahlah, mungkin lain kali ada kesempatan baca*). Memang bukan jenis buku yang membuat saya terpaku dan tak bisa berkedip (*haha, awas kelilipan*), tapi bukannya membosankan. Bayangkan sebuah ziarah panjaaang ke rumah nenek kita di desa (*haha, basi..*) di mana perjalanannya relatif monoton tapi kita tahu nanti di tempat tujuan kita akan mendapat banyak hadiah: pertemuan dan penemuan berharga, keramahan dan pencerahan, yang mungkin justru akan membawa kita pada titik awal, tempat kita berangkat. Samakah kita di titik awal sekarang dengan titik awal kita berangkat? Kita sendiri yang memaknai.

Mengenai isi, sepertinya nama Coelho sudah menjadi jaminan. Apalagi tentang teknik penceritaan. Sudut pandang penceritaan yang unik, dimana sang tokoh utama tak pernah sekalipun menampakkan diri ataupun suaranya, semua berdasarkan sudut pandang orang ke tiga, memberi kita lempeng-lempeng mozaik yang akan terangkai menjadi sebuah gambar paripurna.



Fatimah Az-Zahra

Dr. Ali Syariati

Perjalanan mengenal sang kekasih Rasul.

Agak susah diterima oleh pemahaman saya yang telah dikemas dengan sudut pandang suni: wanita perkasa yang selama ini begitu tangguh dan ‘perfect’ dilemahkan sebagaimana rupa.. mungkinkah orang yang oleh penulis sendiri dikatakan sejak kecil ditempa dengan pendidikan nabawi dan asahan ruhani bisa dengan gampangnya menjadi wanita yang luncur larut dalam dendam kesumat; hanya karena harta dan tahta.. Oo alangkah dangkalnya.. Apa yang ditulis dan dikatakan dalam buku ini demikian berjarak: logika dan paparan yang ditulis di awal dilemahkan oleh subjektivitas penulis yang kelewat batas. Adalah hal yang lumrah sebuah karya apapun mendapat limpahan sisi eksternal penulis, namun mencampur adukkan biografi seseorang dengan ‘karangan’ penulis adalah sebuah dosa paling fatal yang bisa dilakukan oleh seorang cendekiawan yang pada halaman awal menjanjikan akan mengenalkan kita pada Fathimah yang sebenar-benar. Tanpa rujukan dan perbandingan pendapat orang lain, buku ini adalah potongan yang berat sebelah, sebuah sudut yang dibidik oleh mata Syiah. Entahlah. Wallahu’alam bishshawaab.



Life of Pi

Yann Martel

Seandainya aku menjadi Okamoto, aku pun akan mengatakan hal yang sama: aku lebih suka yang ada binatang-binatangnya!

Sebuah perjalanan seorang anak India yang etrombang-ambing di tengah Samudra Pasifik selama lebih dari tujuh bulan. Ironis, menghentak-hentak kesadaran dan mendobrak nilai-nilai yang selama ini kita kenal sebagai rasa kemanusiaan, demi sebuah kata: hidup!



Arok Dedes

Pramoedya Ananta Toer

Seri pertama dari tetralogi Tumapel. Sebuah insight baru, memahami perjalanan Arok-Dedes dan jatuh-bangunnya Tumapel dari sudut pandang sosio-politis; disucihamakan dari unsur dongeng dan kutukan. Worth reading. Sayang, seri dua belum ditemukan naskahnya (hanya sebagian yang bisa diselamatkan). Tak sabar ingin menuntaskan dan meluruskan 'sejarah' di kepala saya.

Membunuh Orang Gila

Sapardi Djoko Damono


Yah, sastra :) hm, kumpulan cerpen yang ditulis oleh sang resi puisi ini memang kalah greget (*menurut saya lah*). Tapi dua cerpennya (yang salah satunya bercerita tentang rumah) mampu membuat semuanya worthed. Mungkinkah ini perjalanan SDD untuk merambah dunia cerpen? Atau saya saja yang kurang tahu buku kumpulan cerpennya yang lain...? hmm..





Desain Graffiti dengan Coreldraw X3

Slamet Hariyadi


Pastinya ini perjalanan untuk belajar menjadi desainer yang oke. Ilustrasi yang ditampilkan cukup membantu (*karena step by step*). Yup, buku ini menggugah saya menyelesaikan yang ini, tapi gagal membuat saya jago bikin graffiti.. haha.. may be next time...

No comments: