Monday, January 24, 2005

Kalo Hujan-Hujan Gini...

kalo hujan-hujan gini kadang ngerasa susah..
basah semua, dingin pula ? enakan tidur di rumah
mana cucian ga da yang kering …
wah, manusia memang refot all the time.. ga pandai bersyukur
kemaren2 panas bgt dan berdebu…
ngeluh
sekarang dikasih sejuk hujan-hujan .. ngeluh lagi..

aku jadi inget suasana rumah kalo cuaca sedang sendu gini
huiks, teringat kenangan masa kecil ..
inget almarhum kakek …
ga tau yah kl hujan pagi-pagi atau sore-sore kl aku lagi sendirian,
pasti inget kakek, (aku biasa manggil beliau mbah Kung)
subhanallah, sampai detik ini orang yang paling sabar yang pernah aku temui ya beliau itu , sekaligus orang yang paling dekat dengan aku
dulu, beliau suka bikinin nasi goreng tiap pagi buat sarapan
ehm,
dingin2 makan nasi goreng panas .. wah.. sedaap..
juga suka bikin sambal terasi.. t o p pokoknya ..

kalo mbakku lagi sekolah , jadi ‘tugasku’ hanya nonton anak-anak SD yang mo berangkat sekolah , atau anak-anak yang main pas istirahat
soalnya rumahku deket sama sekolah SD , jadi selalu dilewati anak2 kampung lain yang pulang pergi sekolah
wah.. kl jam pergantian kelas rameee banget
ada yang pulang. Papasan sama yang baru mau masuk
untung ga da tawuran, hehe.. iya lah anak SD gtu loo..

nah , kalo hujan-hujan gini,
suasananya gimana yah.. sendu , dramatis.. pokoknya .. ehm, susah dijelaskan dengan kata-kata..
waktu itu, kalo hujan, anak-anak pada nyopot sepatu mereka,
pulang bertelanjang kaki, padahal jalannya jauuh lo…
trus tas dan buku2nya dimasukin kantong plastik ..
biasanya, depan / teras rumah mbah dipake tempat berteduh sama mereka..
banyak deh, pokoknya
aku hanya nonton dari jendela kamarnya mbah ..
gimana semangat mereka (pagi2 dingin dah mandi, pake seragam, pake payung hujan-hujan.. ada yang dikawal ibu/bapak/kakaknya)
tapi, di mata kecilku , semua itu menggoreskan sesuatu yang beda
ga tau yah, sampai sekarang , kalo suasananya mendung gituh,
aku suka terbawa ke masa itu..
masa-masa lucu , nggak da kerjaan
ndak ada beban.. pokoknya waktu mengalir begitu lambannn…
?

trus, daerah sekitar sekolah itu ? yang kemudian hari jadi sekolah pertamaku juga
banyak banget yang jualan jajanan atau mainan ,
aku dulu suka ngider keliling sana.. maklum , ga da kerjaan dan nggak ada teman
yang seusia sama aku hanya ada 1-2 orang, pada sekolah TK, aku ndak pake sekolah tk
lainnya beberapa tahun di atasku, dah pada sekolah SD semua
tinggallah aku sendiri yang kurang kerjaan,
luntang lantung , main sendirian, atau ke SD, ..
hihi.. kalo aku inget sekarang, malu sendiri deh,
abis suka bgt dulu main di SD, padahal belum…

ah, hujan.. hujan..
kenapa engkau mengirimkan begitu banyak kenangan padaku..
ehm, saking banyaknya, bisa-bisa kalo aku tulis semua jadi 10 halaman lagi neeh.. hehe..

yup, gitu deh

kl hujan sore2 dan deras bangeeet.. aku kadang sampai ketakutan
tapi, suka juga denger suaranya.. bisa teriak kenceng-kenceng..
biasanya aku kecil meringkuk di pojok kasur, pake selimut bertumpuk-tumpuk.. masih ditimbuni bantal pula..
sambil main boneka
trus.. ketiduran deh.. bangun-bangun malem, isya’ karena lapar..

kalo hujannya parah bgt, sampai mau banjir rasanya.. soalnya rumah keluargaku ini letaknya relatif lebih rendah dibanding daerah lainnya, jadi semua luberan air hujan larinya ke situ semua
ada bebek-bebek milik Wak Siti juga…
kayaknya mereka yang paling seneng kalo hujan gitu

ehm, biasanya Ibu / Emak bikin kolak, atau jagung manis rebus, jagung bakar, atau goreng2an, atau singkong ..
pokoknya enak bgt dimakan rame-rame
apalagi kalo musimnya barengan panen padi, suka ada tetangga yang bantu2 njemur dan mbersihin gabah
kalo ngumpul hujan2 gitu, rame.. akrab
padahal sih, sederhana aja.. tapi gimana ya..
beda bgt dengan suasana sekarang
orang-orang jarang yang main ke tetangga, jarang yang kenal , pokoknya lain aja dengan sekarang
orang sekarang lebih individualis
lebih suka nonton tv di kamar sendiri dari pada nongkrong di rumah tetangga,

kalo gerimis sore-sore,
aku inget temen SMA ku, sampai sekarang pun masih sahabatan
sayang jarak dan waktu jadi bikin kami jauhan ,
dulu pas blom bisa e-mail2an, dia itu tempat cerita2 aku
pokoknya sahabat dekeet deh, sampai punya dua buku khusus buat diary or ngobrol, apalagi pas dia ga lagi sekelas sama aku
padahal kami beda banget loh..
banyak yang bilang .. “ kok bisa seeh ??”
aku yang pendiem, cool (hehe.. sok!!)
dan Ivon yang tomboy, rame, gaul,..
gitulah.. (aku dulu satu SMP sama dia, tapi nggak saling kenal, Cuma saling asal tau aja … aku juga sempat sebel banget sama dia.. ga tau gimana ceritanya, tau tau aku dah sobatan kental ma dia.. pokoknya dulunya nyebelin bgt dia itu.. dia juga nganggep aku sangat menyebalkan.. aneh yah.. partemuan dan perpisahan emang nggak bisa diduga, )

kami suka banget jalan ke Batu abis sekolah
padahal seringnya Cuma jalan-jalan doang
kalo gerimis sore-sore,
ehm, bau tanah yang baru kena hujan.. aneh tapi segar..
juga orang-orang yang tergesa.. sementara kami sendiri malah jalan nyantai menikmati suasana
alun-alun yang lengang..
roti bakar Asa yang ehm, sedappp..
aduh aku kok jadi lapar …

No comments: