Sunday, July 10, 2005

Tumbuh!!


Bahwa sepohon tumbuh tergantung bibitnya, itu benar
Biji kacang akan tumbuh menjadi perdu kacang
Biji sawo akan tumbuh menjadi pohon sawo...
Tak pernah sebaliknya!

Tapi, sepohon tumbuh tak semata tergantung bibitnya, itu juga benar!
Ada campur tangan kualitas tanah di sana,
Juga resapan air hujan
Pula sinaran mentari..
Dan.. dan.. dan...
=)
Ah.. tak usahlah ku sebut!
Kalian pasti lebih tahu!

Yah, guliran masa memberiku sedikit celah untuk mengintip..
Betapa pohon-pohon kecil yang dulu pernah aku lihat,
Kini kian merindang dan merimbun..
Betapa kecambah-kecambah itu,
Telah menjelma perdu-perdu ..
Berbunga-bunga..
Membuah meruah..

Waktu menunjukkan kedigdayaannya!

Oh, ajaib!

Kalianlah di antara pohon-pohon itu!
Kalianlah di antara perdu-perdu itu!
====


Aku lihat semua berubah
Orang-orang yang aku kenal,
Atau pernah aku kenal,
Satu per satu tumbuh ..
Merekah..
Memeruah..
Menjadi diri yang tak baru..
Hanya lebih besar.. akar yang jauh lebih kuat!
Dedaun yang lebih sempurna!
Lebih... lebih..
Lebih dekat ke tujuan!!!

Aku jugakah (?)

=== untuk semua yang mengajariku,
Bahkan diam kalian pun pelajaran!
=)
Orang-orang yang telah jadi guruku dalam sadar dan bukan

No comments: