Sunday, July 10, 2005

mY hOme "1"

Jadi aku pulang,
Setelah plus minus tuju bulanan di tanah Sunda.
Kangen.

Bukan keputusan mudah, sebenernya,
Dari minggu-minggu sebelumnya dah dipikir-pikir,
Eh.. malah maju mundur..!
Iya.. nggak.. iyaaa... nggaaaak...!
Dengan dorongan T’Eu (*whehehe.. padahal seeh..)
Aku pergi juga.. di bawah guyuran gerimis Bandung yang rada nakal..
Nongol terus beberapa hari itu.
Hm, 21 Juni. Pfuuh ... Pagi beresin stock cucian yang setumpuk, trus go to kampus... nyempatin check mail and friendster... (*yang terakhir ini bukan gayaku banget!) Aneh.. malah ketemu orang-orang.. jadi deh acara pamitan nasional! (*maksudnya ‘orang-orang maya’, my cyberfriends... ) Untung Ibu penjaga Labkom nge-warning.. “Tutuuup... tuuutup..!” dengan gayanya yang luembuut itu ;) yup, kalo ga’ bisa lamaan lagi tuh aku parkir di LabKom! Hehe..
Simply just as my plan, dhuhur di Salman , trus balik ke asrama .. Ternyata ga’ semulus itu! Packing yang belibet... ngabisin waktu! {*ampe T’Eu nanya, napa ga packing semalem?} Ampe’ jamaah Ashar pun tergesa.. plus sepatu yang bikin kaki ga nyaman, .. bonus tentengan yang ga ketulungan! Kayak mau pindahan aja beratnya! Untung T’Eu rela bantuin ngangkut..berhujan-hujan nganterin ke jalan atas.. Teeennggggkkkyuuuu.. buanget dehh! Mmwwuah..

Dan petualangan pun dimulai.. hehe.. jangan berharap bakal dapet yang kayak petualangannya Sherina ya! Jelas enggak!

Sendiri di atas angkot Stasion-Dago, hujan masih mengguyur, rintik.. Huah..ngantuk merayap. Hm, lumayan juga mushaf kecil yang barusan ku ambil dari tas , meringankan bebanku.. sampe’ area simpang, mulai deh kekhwatiran menyerbu. Gimana enggak. Ini sudah jam empat kurang lima belas.. dan macet ada di depan mata! Dag dig dug ... nyampe on time ga’ yah! Walah... kok ngetem di simpang empat? Ga tau apa Pa’ sopir aku lagi buru-buru... Pfuuh.. untung ga lama..Eit.. malah kena macet juga di area Otista, (*hm, seingatku...) Setengah mati rasanya.. kalo ketinggalan kereta, ghazwat!

Begitu nampak tugu kereta api, level kekhawatiranku pun turun. Fyuuh ... usai membayar ongkos angkot, rasanya pengen langsung ngacir ke loket .. terbang kalo bisa! Argh, lega deh..ternyata baru jam nem belas dua puluhan.. masih cukup waktu.. lebih setengah jam-an.... Loket antre! Rame neh jalur pulkam, liburan sih! Hum, Giliranku! Beberapa kali aku berpesan, ”Yang deket jendela ya mBaak?”, seolah ngga’ percaya mbak penjaga loketnya dah paham. Mungkin mBaknya berpikir, ”Idih, reseh banget anak ini ..khawatir banget seeh!” Yup! Bagiku, dapet tempat duduk yang deket jendela adalah masalah primer, sama harganya dengan makan malam gratis di .. di mana yah?!? Hehe..Soalnya dulu pernah dapet tempat duduk di tengah, gara-gara lupa ga minta deket jendela.. wuih .. rasanya tersiksa buanget! Sebbelllll....

Yup, masih banyak waktu, aku tak segera masuk ke stasiun
Lumayan, baca-baca pengumuman di mading depan loket.
Then, seorang Bapak (*atao lebih tepat Kakek?) menawarkan dagangannya, majalah remaja, tabloid gosip dan segepok TTS. Aku cuma menggeleng sembari senyum sedapatnya. Sang Bapak pun berlalu menawarkan dagangannya pada mas-mas yang lewat. Tak ada bekas-bekas kekecewaan atas penolakan yang diterimanya. Akhirnya Bapak itu pun jongkok nyandar ke dinding, deket pintu masuk tepat di sebelahku. Nampak tak bersemangat, lemah. Aku jadi punya kesempatan lebih teliti mengamatinya. Tubuhnya kurus, rambutnya pun sudah beruban. Merata. Kacamatanya besar, model lama. Iba. Tak semestinya kakek seusia beliau masih menjajakan dagangan seperti itu. Apalagi suasana dingin seperti ini, tak baik untuk batuknya. Hm, aku jadi ngelirik TTS. Ragu. Antara malu, karena tadi sudah menolak membeli, dan tarikan penasaranku. Asal tau aja, aku hobi banget ngisi TTS. Apalagi, dalam perjalanan panjang yang rawan bosan kayak yang bakal aku alami bentar lagi. Biasanya kalo pulang aku juga pasti mbekal TTS and bacaan. Kali ini aku cuma bawa beberapa buku yang rada ’berat’. Sengaja, memaksa diri! Hm, .. Apalagi pas aku amati, kertas TTS-nya tergolong bagus, HVS. Pas sang Bapak bangkit dari jongkoknya, teregsa aku nanya, ” Berapaan Pak TTS-nya?” Sang Bapak tua pun mendekat, menyodorkan tumpukan TTS-nya, ” Yang mana Neng? Pilih ajah...Kalo yang ini angka-angka doang..Nah, yang ini nih yang edisi biasa...” Seperti biasa kalo aku milah-milah TTS, cari yang kavernya ’bersih’! {*soalnya kaver TTS suka jadi sasaran pornografi.. heran... hweexx.. } Number two, cari yang ada selingan humor dan jenis TTS-nya kreatif. Yup, setelah dapat yang aku cari, transaksi pun terjadi, singkat aja. Hhh.. Kapan ya Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu seusia beliau bisa tenang beribadah di rumah, tinggal terima jaminan sosial dari pemerintah?! Yuph, walaupun (*semoga..) yang sedang dilakukan Bapak tadi juga termasuk ibadah, mencari maisyah tuk keluarga tercinta...

And here we go! Gerbong 6 Mutiara Selatan
But... wait a minute! Hwuaah.. serasa ga percaya, kok kursiku dah ada yang make sih? Beberapa kali aku cocokkan dengan tiket yang aku pegang.. Tapi tetap saja ransel-ransel gendut itu duduk di kursiku!
Sebuah suara di belakangku membuatku terkejut,
”Duduk aja mBak.. Pake aja.. ada kan nomornya? Biar ntar orangnya pindah..



Waaa... dzyuuuu....

Bersambung , deeng... !!
Waktu tidurnya Kompie T’ Nnie.. :P
Wass
01-07-10 02:08

No comments: