Friday, June 29, 2007

Komik Jadul

9:24 AM 6/29/2007

masih inget kisah komik klasik jaman candy-candy?
atau rose of versailles?
memang nggak semua komik isinya cuma sampah.
sejelek-jeleknya, masih ada lah yang bisa dikategorikan sebagai sampah yang dikemas dengan indah, hehehe...

kalo bicara soal komik, maka kita tidak bisa melepaskan diri dari yang namanya pabrik manga, jepang. mau bagaimana lagi, wong tujuh rak manga yang memenuhi keempat dinding ruangan dua lantai comic corner ini hanya diimbangi oleh satu rak yang berisi komik-komik amrik. gila lah, bisa dibilang jepang adalah negeri mimpi(ku) yang memanjakan selera kreativitas visual. hm, tak mengherankan kalau beberapa komikus indonesia menjadikan jepang sebagai kiblat, mati-matian mencontek gaya penggambaran dan ide cerita mereka. tipi-tipi juga sudah mulai menculik mentah-mentah dorama jepang dan korea. ah,.. kapan kearifan lokal dapat meraja di negeri sendiri? dari tangan dan hati lincah anak bangsa ini? ah, nampaknya masih harus mengkhayal lebih lama..

tapi q mau loncat kaya kelinci, ke topik yang lain. masih soal manga. beberapa waktu yang lalu, q berkesempatan dan menyempatkan diri membaca komik (setelah sekian lama absen). berikut ini beberapa judul yang q rekomendasikan buat Anda-Anda yang pengen ngomik 'sehat', =P dengan cerita yang ringan dan aman bagi 17- soalnya mengisahkan kelucuan hewan-hewan khayalan.


sentaro.
ini cerita tentang seorang komikus, Baku, dengan hewan kesayangannya, Sentaro, yang bandel tapi super setia. sangat realis, dekat dengan keseharian kita. selain kelinci, ada juga anjing dan kucing milik teman-teman Baku. kelucuan yang natural, membuat pembaca lebih mengenal tingkah laku hewan peliharaan. bisa jadi malah pengen memelihara juga, hehe..



usakuma.
berasal dari kata usagi (kelinci) dan kuma (beruang). dua bersaudara yang merupakan gabungan bentuk khayali beruang bertelinga kelinci yang super lugu dan konyol. ceritanya sangat kehidupan sehari-hari jepang. kekuatannya adalah pada imajinasi visual yang pengarang yang mampu menerjemahkan kehidupan binatang-binatang menjadi satu kesatuan desa khayal yang saling berkaitan. cerita-cerita kocak tumbuh dari hubungan-hubungan antar anggota masyarakat desa itu, dengan detektif usakuma bersaudara, Popporo dan pororo, menjadi simpulnya. q cukup sakit hati juga pas temen yang baca komik ini bilang ceritanya nggak lucu.. huhuhuhu.. mungkin selera humornya rada menceng. entahlah. tapi baca saja, bagus kok! kata-q si..



pank ponk.
kisah kelinci super gembrot yang sering disangka babi ini bersama sang pemilik yang rada somakis, eh, masokis ,Boni, dan tetangganya Mark. konyol, gila, bego, dan absurd. kadang-kadang terlalu pintar, melampaui manusia beneran. tapi akhirnya keliahatan juga bego-kelincinya. itulah si pank ponk yang maniak makan. hm, baca aja. nggak akan nyesel.. ngakak mungkin ^^ meskipun kadang kasian juga melihat tingkah pank yang teraniaya.

2 comments:

disQa..... said...

pengen komik pank-ponk............
dulu waktu kecil pernah pinjem di rental,, terus mau beli,sampe sekarang blum dapet juga,hiks....

Sister Fillah said...

emang susah kalo nyari sekarang mah..
harus mau ubek-ubek pasar buku bekas.. =P