Thursday, December 16, 2004

Apakah Sama

apakah sama
jika..
saat aku masih terbengong soal aku mau apa
temanku sudah berlarian dijalanan Palestina
meninju langit dengan teriakan intifadhahnya
ya..
merekalah anak-anak Syekh Ahmad Yassin..
semoga mereka ridho aku panggil teman
apakah sama
ketika aku larut dalam flash game di kotak ajaib ini
seorang temanku sudah memancangkan tiang mimpinya
sebuah pesantren khas untuk anak-anak istimewa
yang dihias Allah dengan ketidaksempurnaan fisik..
sungguh,
cairan lembab ini sudah mendesak ke kelopak mata
kali pertama kutelusuri baris tekad itu..
semoga ia tak menganggapku lancang
karena memanggilnya teman
apakah sama
ketika aku tertawa rakus membunuh waktu
orang-orang aneh itu berkejaran
mengedarkan proposal..
menggalang kepedulian..
orang-orang yang terasing dari hiruk pikuk dunia
izinkan aku sekedar memanggil kalian teman
apakah sama
ketika aku masih sibuk mikir IP semester lalu
tetehku sudah memenuhi kepalanya dengan satu janji
'aku harus cumlaude.. cumlaude... cumlaude..'
ah.. biar aku panggil engkau teman
siapa tahu ada secuil tekad yang nular padaku
apakah sama
ketika aku terlena dengan komik-komikku
ada yang tengah menghunjamkan ayat Al-Qur'an
dia bergumam ...
'aku lulus harus sudah hafidz...'
biarkan aku jadi teman..
apakah sama
ketika aku sedang asyik sarapan
ada yang sudah sibuk di kortim.. di senat..
rapat ini.. kegiatan itu..
huaah... kadang aku sendiri pun tak tahu
kegiatan apalagi yang tidak diikuti temanku ini
apakah sama
ketika aku masih berusaha untuk menjadi bisa
temanku di panas Surabaya sana
sudah menggelar langkah bisnisnya yang pertama
apakah sama
ketika aku .. entah
aku tak tahu apa yang aku kerjakan saat itu
di bising pabrik Malang sana
seorang temanku menjual peluhnya..
apakah sama
ketika aku sedang jalan-jalan ke manaaa gituh
sahabatku ribut dengan setumpuk pembukuan..
ketik surat a.. tanda tangan b..
apakah sama
ketika ....
mereka sedang....

No comments: