Sunday, December 30, 2007

Hidup ini = Paradoks

hidup ini memang paradoksial

seorang gadis awal belasan, kulirik makanan di pangkuannya yang terdiri dari sepeleton nasi dan sepasang lauk berlabel harga termurah di warung makan. beberapa meter dari tempatnya bersantap sambil melahap sinetron-tak-bermutu, berbagai marga lauk berbalut bumbu menggoda sudah tiarap menunggu dimangsa. dari ayam bumbu kecap, cumi-cumi asam manis, bandeng balado, bali telur, sampai rempeyek udang. ya, giris saya melihatnya. bahkan anak pemilik kantin ini tak mampu menikmati kelezatan ultimate masakan ibunya! malang? mungkin. tapi di luar sana jauh lebih banyak lagi anak penjual ayam bakar yang nggak setiap hari makan anak ayam, eh, ayam bakar.. anak penjual martabak yang nggak setiap hari bisa makan martabak.. anak penjual mobil pun nggak setiap hari bisa beli mobil!



(angkot dago, bersama gerimis)
Gonjreng.. jreng jreng gonjreng.. jreng jreng jreng... (suara fales yang dengan pedenya menarik-narik lagu Ungu)
duh, ini ngamen apa demo? Rame-rame gitu.. (tapi gak sampai bikin kanon yang ada suara 1, 2, 3-nya)
wah, kasih ga ya? Kalo ngasi, ga enakeun kalo cuman cepek! umm, emang sabaraha sih standar memberi 'gaji' pengamen? (duh, apa iya harus bikin komisi khusus buat bahas UMR pengamen? gelo siah..)

ya, pas saya pikir-pikir (tentunya dengan otak saya yang jernih dan cemerlang akibat jarang dipake), kasarannya tiap orang di angkot anggap aja ngasih cepek. anggap ada lima orangeun, jadi gopek kan.. In the other words, dengan bekal gebyak mulut dan gitar, pendapatan bersih pengamen adalah gopek perangkot per lampu merah menyala. Katakanlah waktu tempuh satu trayek angkot adalah dua jam, dan lampu merah menyala tiap lima menit sekali, maka selama seorang sopir angkot mengembara di belantara trayeknya, seorang pengamen akan mengeringkan tenggorokannya minimal sebanyak 2 x 60 / 5 = 24 kali. artinya dia mengantongi uang setidaknya rata-rata 12000 rupiah (huhu, berlebihan banget ya angkanya.. tapi yaa.. segituan lah kayaknya).sedangkan sopir yang rajin bekerja dan mempertaruhkan jiwa raganya dengan sesekali ngebut tadi akan menerima: 5 x 2500 yang tak lain tak bukan sama dengan 12500! hayyaah.. ini belon dikurangi biaya bensin, calo, investasi kendaraan, setoran ke juragan, nraktir penumpang (ada ya?), beli balsem (buat kerikan masuk angin), dll.. pegimane kagak bakal gulung kuming tu supir: brenti di mana dia butuh, ngetem selama dia mau, nyalib serobot sana sini.. =D Kalo tuh sopir beruntung, penumpangnya full dari terminal ampe terminal tujuan gak ada yang turun-turun maksimal yang didapat bakal: 2500 X (5+7+2+2) = 40000. um, pantes aja banyak sopir yang rese, soalnya para penumpangnya kadang-kadang nggak ngehargai perjuwangannya menghadapi segala resiko menjaga nyawa mereka. sejujurnya, kadang saya masih mikir-mikir (mengingat kantong pengangguran saya yang cekak) buat nambahin 500 rupiah kalo bayar angkot. tapi bisa jadi, (kadang-kadang) ngasi pengamen cepak-cepek tanpa diitung-itung lagi.. yaa, emang gak sia-sia sih, moga-moga dicatat sebagai amal. tapi kapan kita mulai menghargai perbedaan tanggung jawab antara sopir dan pengamen: 30% ? C'mon!!!!!!!! serius lah..

No comments: