Tuesday, October 10, 2006

Kekanakan = kerdil?

Just a note



“Hei, kakinya jangan diayun-ayun githu!”
“Lho, emang kenapa the?”
“Ya nggak baik!”
“Nggak baik gimana?”
“Ya nggak baik.. pokoknya nggak baik!!”
“????”
“Hum, teteh tuh pernah ditegur sama seseorang gara-gara kalo duduk kakinya suka diayun-ayun githu.. katanya kayak anak-anak banget..!!!”
“Terus… ??”
“Yaa.. teteh kan sekedar mengingatkan..”
========== si bandel, satu percakapan, satu siang..=========================

Nggak tau juga kenapa aku masih terus terngiang-ngiang dengan dialog ini tiap kali duduk dan melakukan kebiasaan jelekku itu, mengayun-ayunkan kaki. Mungkin memang benar hal ini memberi kesan ‘aura kekanakan’, yang mungkin bagi sebagian orang, cukup mengganggu. Bagaimana lagi, aku terlanjur menikmati kebiasaan ‘buruk’ku ini. Mengayun-ayunkan kaki lumayan membuat otot tungkai lebih rileks loh.. Apalagi buat orang yang suka bolak-balik naik turun tangga sepertiku, rasanya seperti mengincip setetes surga, hehehe.. (oups, hiperbolanya..) Lagian, toh pencitraan itu sendiri adalah bagian dari proses penilaian yang dilakukan oleh bawah sadar manusia.. jadi, kenapa aku harus membatasi diriku ‘hanya’ demi keinginan terlihat ‘fine’ di depan manusia yang lain? Wong yang aku lakukan kan tidak merugikan siapa-siapa,hehehe (teguh mencari pembenaran..) Fyuhh..

Di lain sisi aku jadi merenungkan, memangnya ‘kekanakan’ itu sebanding dan tidak bisa tidak, kongruen dengan yang namanya ‘kekerdilan’?!? Duuh.. kasian bener dong manusia kalo githu! Bukankah seiring dengan berjalannya waktu, manusia pasti mengalami degenerasi psiko-mental, yang orang sering katakan: semakin tua, sifatnya bakal makin sama kayak anak kecil! Di dunia ini memang ada hal-hal yang mau nggak mau harus kita terima. Mau gimana lagi.. namanya juga makhluk! Salah satunya ya itu tadi, bisa jadi, di luar kehendak kita, yang namanya kepikunan atau saudaranya menyergap akhir hidup kita. Oups, kok jadi melantur geneh.. *_* sulit memang. Sebenernya lanjutan tulisan ini ada di mail.. tapi gara-gara mailnya gak bisa diakses, yaa.. sampai di sini dulu deh.. hehehe.. Ntar-ntar kalo sambungannya udah oke di edit lagi, insyaAlloh...

No comments: